SOAL QUIZ DAN UTS GRAFIKA KOMPUTER
Dosen Pengampu : Elvia Budianita, S.T, M.Cs
Semester / Kelas : V/E/F/G/H/I/J
Waktu : di kumpul Minggu ke-2 bulan November
A. QUIZ
1. Terapkanlah algoritma membuat objek primitif kedalam bahasa pemrograman yang Anda kuasai.
Pilih salah satu :
a. Algoritma DDA (Point nilai : 70)
b. Algoritma Garis Bresenham (Point nilai : 75)
c. Algoritma Lingkaran (Point nilai : 80)
d. Algoritma Ellips (Point nilai : 85)
e. Algoritma kurva Bezier (Point nilai : 90)
Catt : Quiz dan UTS dikerjakan berkelompok maksimal 3 orang
B. UTS
1. Buatlah gambar objek 2 dimensi dengan tema bebas dengan menggunakan bahasa pemrograman yang Anda kuasai
2. Catatan : membuat gambar dengan konsep koordinat berdasarkan satuan Pixel pada layar monitor laptop/computer yang Anda gunakan.
3. Contoh:
|
SOAL QUIZ DAN UTS GRAFIKA KOMPUTER
|
Penjelasan :
x1 disini merupakan nilai posisi PERTAMA pada garis x
(di sistem koordinat pada komputer grafik koordinat di hitung dari pojok kiri atas )
kemudian y1 disini merupakan nilai posisi PERTAMA pada garis y
lalu x2 merupakan nilai posisi KEDUA pada garis x
dan y2 merupakan nilai posisi KEDUA pada garis y
jadi jika kita coba membuat sebuah garis dengan nilai drawLine(50, 50, 150, 150); (satuan dalam pixel/px) maka jika di petakan
pertama kita tentukan x1=50 dan y1=50 kita buat sebuah garis bantu putus-putus maka kita mendapatkan sebuah titik pertemuan titik hitam (kita anggap titik hitam ini titik pertama)
kedua kita tentukan x2=150 dan y2=150 kita buat sebuah garis bantu putus-putus maka kita mendapatkan sebuah titik pertemuan titik biru (kita anggap titik biru ini titik kedua)
nah lalu drawLine akan secara otomatis menghubungkan titik pertamadan titik kedua sehingga membetuk sebuah garis lurus yaitu garis merah